ParentingParenting

Agar Anak Berbakti Kepada Orang Tua, Berikut Kiatnya

Teman hijab jika mendengar Malin Kundang pasti langsung akan terpikirkan kata “durhaka”. Ya, menurut kisah (urban legend) yang berasal dari kota Padang , Sumatera Barat Malin Kundang memang dikisahkan seorang anak yang durhaka kepada orang tua. Seorang anak yang pada saat sudah sukses tapi begitu mudah nya melupakan orang tua. Selain kisah Malin Kundang ini juga tentunya banyak kisah tentang anak durhaka lain nya.

Pada era digital ini banyak terjadi femonena anak yang durhaka kepada orang tua nya dan juga semakin mengenaskan. Tak hanya sekedar bantahan saat di perintah oleh orang tua , bahkan ada juga anak yang tega membunuh orang tua nya dikarenakan hal yang sepele seperti tidak diberikan uang jajan. Kondisi krisis seperti ini harus segera dicarikan solusi nya. Orang tua memegang peranan penting dalam mendidik anak-anak secara langsung agar anak berbakti sejak anak-anak kecil.

Allah telah memerintahkan seorang anak berbakti kepada kedua orangtua dalam surat Lukman ayat 14 dengan kalimat “wasiat” yang menunjukkan keharusan atau sesuatu yang tak boleh ditinggalkan. Allah berfirman:

وَوَصَّيْنَا الْإِنْسَانَ بِوَالِدَيْهِ حَمَلَتْهُ أُمُّهُ وَهْنًا عَلَىٰ وَهْنٍ وَفِصَالُهُ فِي عَامَيْنِ أَنِ اشْكُرْ لِي وَلِوَالِدَيْكَ إِلَيَّ الْمَصِيرُ

“Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada orang tuanya, ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah lemah dan menyapihnya dalam dua tahun, bersyukurlah kalian kepada-Ku dan kepada kedua orang tuamu. Hanya kepada-Ku lah kalian kembali” [Luqman : 14]

Lalu, apa s aja yang harus teman hijab lakukan sebagai orang tua agar dapat mendidik anak menjadi berbakti kepada orang tua? Tim inspirasi akan coba berbagi untuk teman hijab tips-tips sebagai berikut :

Menceritakan Pengorbanan Orang Tua

Kandungan dari ayat tersebut adalah mengajarkan cara dalam mendidik anak agar anak dapat berbakti kepada orang tua. Allah memberikan pengajaran kepada orang tua untuk menceritakan pengorbanan seorang ibu dari proses mengandung, melahirkan , menyusui dan mengasuh nya hingga besar. Kisah tentang pengorbanan seorang ibu ini baknya diceritakan kepada ayah kepada anak-anak nya. Dengan menceritakan bahwa pengorbanan seorang ibu tanpa pamrih maka hal tersebut membuat anak tergugah emosional nya sehingga akan membekas dan berdampak kuat pada kondisi psikologis anak.

Allah menghendaki agar anak dapat berbakti kepada kedua orang tua serta memperlakukan kedua orang tua nya dengan lemah lembut, Bahkan hal tersebut masih belum sebanding jika dibandingkan pengorbanan , kelelahan dan kepayahan orang tua dari fase mengandung , membesarkan dan mendidik anak sampai anak beranjak dewasa dan memiliki kerpibadian seorang muslim yang kuat. Bukti anak berterima kasih kepada orang tua adalah dengan berakti kepada orang tua.

Memberikan Tauladan

Jika teman hijab sebagai orang tua menginginkan anak nya berbakti kepada orang tua, maka hendak nya teman dapat memberikan contoh yang akan dijadikan tauladan oleh anak. Jika teman hijab berbakti kepada orang tua maka In shaa Allah anak-anak teman hijab juga akan berbakti kepada teman hijab. Dasar nya adalah hadist,

Rasulullah bersabda,  

بَرُّوا اَبَاءَكُمْ تَبِرُّكُمْ أَبْنَاؤُكُمْ

“Berbaktilah kalian kepada orangtuamu, niscaya anak kalian akan berbakti pada kalian.” (HR. Hakim).

Bagaimana teman hijab memperlakukan orang tua maka itulah cerminan apa yang akan anak lakukan kepada teman hijab sebagai orang tua. Al-jaza’ min jinsil amal, balasan tergantung dengan perbuatan. Orang tua yang mendidik anak nya dengan baik hingga membentuk karakter sang anak memiliki karakter yang kuta serta menjadi anak yang soleh maka orang tua akan diperlakukan dengan hal yang sama oleh anak-anak nya pada saat usia sudah senja. Maka jika ingin memiliki anak yang berbakti kepada teman hijab, teman hijab harus berbakti kepada orang tua terlebih dahulu. 

Demikian 2 tips dari tim inspirasi , semoga bisa bermanfaat dan juga semoga teman hijab dapat memiliki anak-anak yang soleh. Aamiin.  

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close