Health

Bibir Menghitam Jangan Panik, Yuk Cari Tahu Penyebabnya.

Bibir yang merah merona tentunya akan membuat penampilan  teman hijab semakin menarik. Namun nyatanya ada beberapa  faktor justru bisa membuat bibir tampak gelap. Penyebab bibir hitam pun bisa beragam. Apa saja? Simak penjelasannya yuk!

1.Terlalu sering terpapar sinar matahari

paparan sinar matahari terhadap kulit memicu tubuh menghasilkan melanin untuk menyerap sinar ultraviolet. Hal ini merupakan mekanisme tubuh untuk  melindungi kulit dari beberapa kerusakan akibat sinar matahari. Paparan sinar matahari tersebut dapat menyebabkan kulit, termasuk bibir, menjadi lebih gelap atau bahkan kehitaman.

2. Terlalu banyak mengonsumsi kafein

Perubahan warna bibir menjadi lebih gelap bisa disebabkan sering mengonsumsi minuman panas mengandung kafein seperti kopi atau teh. Kafein merupakan zat diuretik yang membuat kita sering buang air kecil. Terlalu banyak zat diuretik dalam tubuh mengakibatkan dehidrasi karena cairan terus keluar melalui urin. Sedangkan dehidrasi sendiri bisa membuat bibir pecah-pecah, tidak sehat dan berubah warnanya jadi lebih gelap.

3. Sering menjilat dan menggigit bibir

Menjilat dan menggigit bibir adalah hal sepele yang ternyata bisa merusak kesehatan bibir. Kebiasaan ini membuat bibir semakin kering dan jika dibiarkan untuk waktu yang lama akan membuat warna bibir menjadi gelap.

4. Merokok

Warna bibir alami teman hijab  akan berubah menghitam akibat merokok. Saat menghisap rokok, bibir terkena panas rokok sehingga mematikan sel-sel darah merah yang kemudian membuat timbunan pigmen di bibir.

Selain itu, karbon dari hasil pembakaran rokok juga bisa membuat warna bibir semakin pekat.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close