Beauty

Cara Membuat Minyak Kemiri di Rumah dengan Mudah.

Cara membuat minyak kemiri tidaklah sulit karena cukup dilakukan dengan proses tradisional. Selain itu, bahan pembuatannya juga sangat mudah didapat di pasar tradisional. Mari simak langkah-langkahnya berikut ini.

Cara Pertama : membuat biji kemiri dengan diperas

Bahan-bahan minyak kemiri:

  • 250 gram biji kemiri atau sesuaikan dengan minyak yang ingin dihasilkan
  • Air putih

Cara membuat minyak kemiri:

• Haluskan biji kemiri

haluskan biji kemiri namun jangan sampai terlalu halus. Teman hijab dapat menghaluskannya dengan dua cara, yaitu ditumbuk secara langsung ataupun dengan menggunakan mesin blender. Jika menumbuknya secara langsung, maka tumbuklah hingga agak halus dan mudah untuk disaring.

Sedangkan jika menghaluskannya menggunakan blender, maka campurkanlah beberapa biji kemiri tersebut dengan air secukupnya. Ingat, jangan memblender biji kemiri tersebut hingga halus seperti cairan. Cukup blender hingga bertekstur kasar saja.

• Saring santannya

Setelah mendapatkan kemiri halus hasil belender ataupun tumbukan, kini saatnya kita menyaringnya. Caranya, campurkanlah kemiri halus tersebut dengan air secukupnya kemudian peras hingga keluar santannya. Proses pemerasan ini sama dengan ketika kita memeras santan kelapa.

Jika kita menumbuk atau memblendernya terlalu halus, maka kita dapat memerasnya dengan menggunakan kain. Setelah diperas, saringlah santan tersebut agar tidak tercampur dengan santannya ketika dididihkan pada proses selanjutnya.

• Didihkan hingga menjadi minyak

Setelah mendapatkan santan kemiri yang bersih, maka langkah selanjutnya adalah memasaknya. Masukanlah santan kemiri tersebut ke dalam wajan dan biarkan hingga mendidih. Selama proses ini, aduk-aduklah santan kemiri agar proses penguapannya berlajan sempurna.

Proses penguapan ini akan memakan waktu yang cukup lama sehingga Anda harus cukup bersabar untuk menunggunya. Terus aduk santan kemiri hingga airnya menguap dan menyisakan minyaknya saja. Minyak kemiri yang sudah jadi biasanya tampak dari kerak minyaknya yang berwarna coklat pekat.

• Peras dan masukkan ke botol

Setelah minyaknya jadi, diamkanlah hingga menjadi dingin. Setelah itu, ambil kerak tersebut dan peras minyaknya menggunakan kain hingga menjadi kering. Masukkan minyak kemiri hasil perasan tersebut ke dalam botol agar mudah digunakan untuk pemakaian sehari-hari.

Cara yang kedua : membuat biji kemiri dengan Dibakar

  • Siapkan 20 biji kemiri (sesuai kebutuhan).
  • Bakar biji kemiri tersebut hingga benar-benar gosong seperti arang.
  • Setelah biji kemiri gosong, lanjutkan dengan cara memblender biji kemiri hingga mengeluarkan minyak.
  • Peras minyaknya dengan menggunakan kain tipis dan bersih, lalu masukkan dan simpan minyak kemiri di dalam wadah tertutup.

Memperoleh minyak kemiri dengan cara dibakar memang kelihatan lebih mudah. Namun karena dibakar, ketika pemakaian hindari mengenai pakaian tarutama pakaian berwarna putih.

Manfaat Menggunakan Minyak Kemiri

 Menumbuhkan rambut

Manfaat minyak kemiri untuk rambut juga dapat dirasakan oleh mereka yang mengalami rambut rontok atau mengarah pada kebotakan. Pasalnya, minyak kemiri memiliki sifat mencegah rambut rontok dan menstimulasi pertumbuhan rambut baru.

Menguatkan rambut

Minyak kemiri juga dapat digunakan sebagai masker rambut yang memiliki efek menguatkan rambut.

Manfaat minyak kemiri untuk rambut ini masih berhubungan dengan kandungan asam linoleic dan linolenic pada minyak kemiri, yang memang mampu melapisi, menutrisi, serta melembapkan rambut, bahkan memperbaiki rambut yang bercabang.

Mencegah ketombe

Kemampuan minyak kemiri untuk melembapkan rambut bukan hanya menyehatkan kulit kepala, namun juga dapat mencegah terjadinya ketombe.

Perawatan dengan minyak kemiri ini tentu jauh lebih murah dibandingkan dengan perawatan rambut di salon sehingga Anda dapat menghemat pengeluaran bulanan.

Selamat Mencoba dan Semoga Bermanfaat.

 

 

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close