Health

Cemas Berlebih Dapat Merusak Kesehatan Imun

Dalam beberapa bulan terakhir , kita semua di hebohkan dengan berita penyebaran virus corona atau dengan nama lain COVID-19. Virus yang berasal dari Kota Wuhan ini dengan sangat cepat menyebar ke daerah-daerah ataupun negara-negara lain. Bahkan sampai lintas benua, diketahui bahwa di negara Eropa penyebaran virus ini sangat lah cepat bahkan beberpapa negara seperti Italia, Denmark dan Spanyol langsung melakukan Lockdown atau menutup akses negara nya guna menghambat penyebaran virus ini.

Dan dalam waktu tidak lama virus tersebut sampai ke Indonesia. Dengan kondisi seperti saat ini tentu membuat teman hijab panik dan cemas, karena khawatir virus tersebut menjangkiti teman hijab dan keluarga. Lalu bagaimana sikap yang seharusnya teman hijab ambil? Apakah teman hijab boleh cemas secara berlebihan? Tim inspirasi akan mengulas beberapa dampak dari sikap kecemasan yang berlebih, di antara nya adalah :

  1. Dapat Merusak Ginjal dan Paru-paru

Kecemasan, kekhawatiran dan ketakutan berlebih akan dapat merusak ginjal serta dapat Berakibat buruk bagi jantung

Kekhawatiran dalam jangka panjang dapat meningkatkan hormon kortisol dan menyebabkan pembengkakan pada pembuluh darah, sehingga hal ini akan berdampak pada kesehatan jantung.

  • Merusak sistem saraf

Sistem saraf manusia terdiri dari tulang belakang , syaraf dan neuron. Rasa cemas dan khawatir akan berdampak kepada kadar gula darah. Kadar gula darah inilah yang dapat mengakibatkan efek negatif pada sistem saraf manusia karaena apapun kegiatan yang terjadi di luar tubuh manusia maka akan berdampak pada otak manusia melalui saraf.

Itulah dua hal yang akan mengakibatkan dampak buruk pada tubuh teman hijab jika mengalami kecemasan berlebih ataupun kekhawatiran berlebih. Lalu bagaiman sebaiknya sikap teman hijab dalam menghadapi situasi ini? Yang jelas teman hijab dan kita semua di minta untuk tetap tenang dan jika teman hijab setiap hari disuguhi berita-berita yang menakutkan maka sebaiknya teman hijab mengalihkan perhatian kepad hal-hal lain seperti memperbanyak membaca Al Qur’an , banyak istighfar serta banyak berdzikir berserah diri kepada Allah tentunya akan lebih menenangkan dan menjadi solusi di saat-saat darurat seperti ini. In shaa Allah teman hijab tidak sendirian. Mari kita lewati situasi darurat ini bersama-sama sambil memohon kepada Allah agar “badai” wabah ini cepat berlalu.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close