Inspiratif

Ini Tips Aman Jika Terpaksa Harus Traveling Selama Wabah Corona Mengancam

Traveling menjadi salah satu masalah yang wajib dihindari oleh setiap orang dalam kondisi sekarang ini. Pembatasan perjalanan hingga interaksi sosial secara langsung pun dibatasi. Namun bagaimana seandainya karena sesuatu hal yang tidak bisa dihindari, Teman Hijab terpaksa memutuskan untuk tetap traveling?

Berikut ini Inspirasi Hijab akan memaparkan beberapa hal dan tips agar Teman Hijab tetap merasa aman selama melakukan perjalanan.

1.Tujuan.

Pastikan kota atau negara tujuan tidak sedang memberlakukan lock-down atau isolasi total. Karena jika statusnya telah dinyatakan lock-down maka kota atau negara tersebut akan menutup diri dari pendatang atau pelancong. Jadi bagaimanapun pentingnya traveling itu, Teman Hijab mau tidak mau harus ikhlas menundanya.

2. Umur.

Menurut penelitian, mereka yang berusia 80 tahun ke atas lebih rentan terinveksi virus corona. Ini bukan berarti jika Teman Hijab berusia lebih rendah berarti akan bebas dari infeksi. Hanya saja bila terinfeksi, dengan imun yang kuat dan perawatan yang benar, kemungkinan sembuh lebih besar.

3.Sakit bawaan.

Menurut analisis WHO, dalam banyak kasus corona orang tua yang memiliki riwayat penyakit bawaan seperti diabetes, tekanan darah tinggi, kanker dan masalah kesehatan paru-paru memiliki resiko kematian lebih tinggi.

4.Sering-seringlah mencuci tangan.

Terutama jika sedang berada di tempat publik seperti bandara, tempat wisata, mall, pasar, rumah sakit dan lainnya. Cuci tangan dengan sabun menggunakan air yang mengalir, tapi jika Teman Hijba tidak menemukan air bisa menggunakan hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 60%. Ingat, mencuci dengan sabun jauh lebih efektif dibandingkan hand sanitizer.

5.Jaga jarak dan jauhi keramaian.

Saat berpapasan atau melewati seseorang apalagi yang batuk, bersin atau menunjukkan gejala-gejala flu dan demam, Teman Hijab harus menjaga jarak minimal 1 meter. Berada di kerumunan orang banyak tentu akan membuat Teman Hijab sulit mengenali kondisi masing-masing orang, oleh karena itu jangan mengambil resiko dengan berlama-lama di antara mereka.

6.Selalu gunakan Alat Pelindung Diri (APD).

 Bila Teman Hijab berada di tempat yang sudah terdeteksi ada penyebaran virus corona, gunakan minimal masker dan bila perlu sarung tangan saat berinteraksi di sana. Apabila Teman Hijab menjumpai gejala-gejala deman, batuk, kesulitan bernafas atau gejala-gejala mirip corona, gunakan masker dan segera menghubungi tenaga kesehatan terdekat. Jangan menyepelekan karena itu bisa membahayakan diri sendiri dan orang lain.

Keadaan sekarang memang tidak kondusif untuk traveling dengan tujuan berwisata. Namun bila traveling terpaksa dilakukan karena satu dan lain hal, Teman Hijab bisa memperhatikan hal-hal dan tips di atas agar setidaknya bisa mengurangi rasa was-was selama berada di perjalanan. Have a save and happy travel.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close