Health

Inspirasi Health And Fresh Bedanya Green Coffee Dan Kopi Biasa

Sekarang ini, green coffee atau juga dikenal sebagai kopi hijau sering menjadi menu andalan pada kedai-kedai kopi di kalangan masyarakat. Konon, dari mulai kandungan hingga manfaat untuk tubuh, menjadi salah satu penawar tersendiri bagi mereka para pecinta kopi. Lalu, apa bedanya green coffee dengan kopi hitam biasa? Bukannya sama-sama terbuat dari biji kopi yang sama?

Perbedaan green cofee dibanding dengan kopi biasa

1. Kafein dari kopi hijau lebih sedikit

Nah, dari segi perbedaan kopi hijau dan kopi biasa, yang membedakan hanyalah proses pemanggangan dan gizi yang dikandung. Pada kandungan green coffee, kafein yang terkandung lebih rendah kandungannya, karena tidak melalui proses pemanggangan sehingga memunculkan senyawa kafein lebih sedikit.

Baca juga: Inspirasi Food Cara Membuat Minyak Bawang Putih Sendiri

2. Kandungan green coffee lebih kaya daripada kopi biasa

Biji kopi hijau yang tidak dipanggang juga mengandung polifenol dan asam klorogenat, seperti ekstrak biji anggur dan teh hijau. Kandungan di dalam green coffee dan kopi biasanya umumnya sama. Sama-sama memiliki zat antioksidan yang membantu tubuh menetralkan zat radikal bebas berbahaya. Asam klorogenat dapat hancur ketika biji green coffee dipanggang, sementara green coffee bean tidak dipanggang, sehingga tingkat kandungan asam klorogenatnya lebih tinggi. Zat klorogenat ini juga berfungsi untuk meningkatkan daya metabolisme hati dan untuk membakar lemak.

3. Biji kopi hijau lebih berkhasiat dalam menurunkan berat badan

Perbedaan lainnya adalah zat klorogenat dalam kopi hijau ini juga dapat membuat tubuh lambat dalam menyerap lemak sehingga dapat membantu proses penurunan berat badan. Manfaat lainnya juga dapat menjaga kandungan gula darah dalam tubuh agar seimbang dan mencegah terjadinya tekanan darah tinggi dalam tubuh.

Pada dasarnya, semua biji kopi sendiri mengandung kafein yang sama banyaknya (jika dipanggang). Kopi biasa, mengandung sekitar 100 mg kafein per cangkir, sedangkan pada biji kopi hijau hanya mengandung kafein sebesar 14-60 mg per cangkir. Jika dilihat dari kandungan kafeinnya, tentu yang lebih baik adalah green coffee. Namun, kembali lagi pada selera dan kondisi kebutuhan kafein masing-masing. Jika Teman Hijab menyukai berbagai jenis kopi, baiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan, karena pada dasarnya sesuatu yang berlebihan tidak baaik bagi tubuh Teman Hijab sendiri ya.

Source : Kopakopi.co.id 

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close