Beauty

Inspirasi Kecantikan : Mengenal Komedo Wajah

Komedo terbuka atau blackhead adalah benjolan-benjolan kecil pada kulit, yang merupakan pori-pori tersumbat (folikel rambut) yang disebut komedo terbuka. Komedo terjadi apabila Teman Hijab memiliki pori-pori terbuka yang tersumbat dengan minyak berlebih, sel kulit mati, dan bakteri.

Komedo mungkin tampak seperti pori-pori tertutup dengan kotoran, namun itu adalah kombinasi minyak dan bakteri yang berubah menjadi hitam saat terpapar dengan udara. Komedo terbuka atau blackheads berbeda dengan komedo tertutup, atau yang dikenal dengan whiteheads.

Baca juga: Inspirasi Kesehatan: Manfaat Lidah Buaya

Komedo terbuka adalah gejala umum dari jerawat dan biasanya muncul pada wajah. Kadang juga komedo muncul pada punggung, leher, lengan atau pundak.

Komedo sangat umum ditemui, mempengaruhi siapa saja yang memiliki masalah jerawat. Kondisi ini lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan dengan pria pada usia berapapun, namun paling banyak terjadi pada remaja. Komedo mudah ditangani dengan pengobatan jerawat.

Tanda Tanda si Blackhead

Komedo mudah dikenali. Biasanya komedo terlihat kecil dan sedikit menonjol dan berwarna gelap pada kulit. Kombinasi minyak, sel kulit mati, dan bakteri beroksidasi dengan udara, menyebabkan pori-pori tersumbat yang terbuka berwarna hitam. Komedo biasanya tidak terasa sakit atau meradang seperti jerawat. Komedo biasanya dikaitkan dengan gejala jerawat lainnya seperti whiteheads dan jerawat.

Apa penyebab Komedo Terbuka (Blackhead)?

Ada beberapa alasan mengapa komedo terbentuk. Komedo bisa terjadi akibat lingkungan atau dari ketidakseimbangan hormon pada tubuh Teman Hijab. Teman Hijab dapat memiliki komedo jika:

  • Kelenjar minyak menghasilkan kadar minyak (sebum) yang berlebih
  • Sebum yang berlebih menyatu dengan sel kulit mati dan menyumbat folikel rambut
  • Komedo terbuka mengekspos sumbatan minyak tersebut dengan udara
  • Tubuh memproduksi terlalu banyak minyak
  • Teman Hijab sedang mengonsumsi obat-obatan seperti corticosteroids, pil KB, lithium, atau androgen
  • Teman Hijab sedang mengalami perubahan hormon yang menyebabkan peningkatan pada produksi minyak seperti pubertas atau menstruasi
  • Teman Hijab memiliki banyak bakteri pada kulit, terutama bakteri p. acnes (propionibacterium acnes).

Perhatikan pola hidup Teman Hijab ya dan tetap selalu menjaga kesehatan.

Source : Alodokter.com 

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close