HealthLife Style

Inspirasi Kesehatan Manfaat Permen Karet Bebas Gula Bagi Kesehatan Gigi Dan Mulut

Pada tahun 2015, terdapat sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwa mengunyah permen karet bebas gula selama 10 menit dapat mengurangi bakteri pada mulut sehingga mencegah terjadinya karies gigi 

Berkurangnya risiko karies gigi karena konsumsi permen karet bebas gula disebabkan oleh stimulasi air liur selama proses mengunyah.

Selain itu, kandungan sukrosa yang rendah serta ketidakmampuan bakteri mulut memecah poliol (pemanis buatan, seperti xylitol atau sorbitol) dalam permen karet bebas gula menjadi asam juga berperan meningkatkan kesehatan gigi. Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk menguji hal ini.

Manfaat lain permen karet bebas gula untuk kesehatan gigi

1. Mengurangi risiko erosi gigi

Erosi gigi adalah sebuah kondisi ketika enamel gigi terkikis karena kondisi asam. Apabila enamel mulai terkikis, dentin yang berada di bawah lapisan gigi akan terlihat dan membuat gigi lebih sensitif terhadap rasa sakit. 

Salah satu cara agar enamel gigi tidak hilang adalah dengan memproduksi air liur. Salah satu caranya adalah dengan mengunyah permen karet bebas gula.

Dengan mengunyah permen karet, saliva akan menggantikan mineral yang telah terkikis dari enamel.

2. Mengatasi masalah mulut kering dan bau

Permen karet, terutama yang bebas gula, dapat meningkatkan produksi air liur. Dengan begitu, Teman Hijab akan terhindar dari bau mulu. 

Selain itu, kandungan mint yang sering ditemukan pada permen karet juga dapat membantu mengatasi bau mulut yang mengganggu Teman Hijab dan orang sekitar. 

Itu sebabnya, permen karet dengan kandungan gula yang minim atau bahkan tak ada ini bisa membantu Teman Hijab mengatasi masalah bau mulut.  American Dental Association menginformasikan mengenai cara yang tepat untuk makan permen karet ini agar bisa mendapat manfaatnya secara maksimal, antara lain:

  • Pilihlah permen karet bebas gula yang memiliki komposisi aspartame, xylitol, sorbitol atau mannitol. 
  • Tetap menyikat gigi dan membersihkan gigi secara rutin meskipun sudah mengunyah permen karet. Mengunyah permen karet tetap tidak akan dapat membuat gigi Teman Hijab sebersih jika menyikat gigi.

Namun ingat, mengunyah permen karet tidak dapat menggantikan kewajiban menyikat gigi. Sikatlah gigi Teman Hijab secara rutin, minimal dua kali sehari, demi menjaga kesehatan gigi dan mulut ya Teman Hijab.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close