Travel

Jenis Rumah Adat Joglo Di Jawa Tengah

Bagaimana Sejarah Rumah Adat Joglo Tersebut?

Nama rumah adat Joglo tersebut terdiri dari dua kata yang digabung menjadi satu. Adapun kata yang dimaksud tersebut adalah Tajug dan Loro yang memiliki arti menggabungkan dua Tajug. Sedangkan untuk Tajug itu sendiri merupakan sebuah bentuk yang berbentuk seperti pyramid. 

Saat itu, masyarakat Jawa memilih Tajug sebagai model atap rumah ini  karena bentuknya yang hampir sama dengan gunung. Dimana pada zaman dahulu, gunung ini dianggap sebagai hal yang sakral oleh masyarakat Jawa pada saat itu. 

Selain itu, gunung juga dianggap sebagai tempat tinggal para dewa yang mereka yakini. Jadi tak heran jika pada dahulu banyak ditemui berbagai macam jenis jamuan yang ada di sekitar gunung tersebut karena memang dipercaya sebagai sesajen untuk para dewa tersebut. Dan rumah adat ini juga memiliki filosofi sendiri, dimana rumah adat Joglo tersebut disusun atas empat tiang yang artinya soko guru.

Baca juga: Inspirasi Kesehatan Segudang Manfaat Berenang

Jenis Jenis Rumah Adat Joglo Jawa Tengah

Pada umumnya, rumah adat Joglo ini terdiri dari beberapa  jenis, antara lain adalah sebagai berikut :

  1. Joglo Sinom

Yang pertama adalah Joglo Sinom. Bangunan rumah adat Joglo yang satu ini menggunakan tiang berjumlah 36 buah dan empat diantaranya adalah saka guru. Rumah ini menggunakan dari empat sisinya masing – masing mempunyai tiga bagian dan satu bubungan. Bentuk bangunan ini mengikuti perkembangan dari rumah Joglo yang lainnya yang menggunakan teras secara keliling (full teras).

  • Joglo Jompongan

Yang kedua adalah Joglo Jompongan. Rumah adat Joglo yang satu ini   menggunakan bentuk rumah Joglo yang menggunakan dua buah pengerat dan juga mempunyai denah bujur sangkar. Atau dapat dikatakan rumah ini menggunakan bentuk dasar rumah Joglo.

  • Joglo Pangwarit

Yang ketiga adalah Joglo pangrawit. Rumah Joglo pangrawit merupakan rumah Joglo yang menggunakan lambang gantung. Atapnya berbentuk mengecur dan ada peregangan diantara atap tersebut.

  • Joglo Lawakan

Yang keempat adalah Joglo lawakan. Yakni rumah Joglo  yang  menggunakan ukuran tiang  yang berjumlah 16 dan 4 diantaranya adalah saka guru. 

Tags
Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close