CookingKuliner

Khasiat Dibalik Hobi Makan Sambal

Tidak disangkal lagi, hampir semua orang Indonesia sangat menyukai sambal atau sambel. Setiap sajian makanan kecil maupun besar selalu saja disempurnakan dengan kehadiran sambal yang beraneka macam jenisnya. Sambal seolah menjadi menu pendamping wajib menemani setiap hidangan.

Dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai pulau Rote, kita bisa menemukan masyarakat setempat memiliki sambal dengan citarasa khas tersendiri. Sebut saja sambal dabu-dabu khas Manado Sulawesi Utara, sambal terasi khas Jawa Barat, sambal ijo khas Padang Sumatera Barat, sambal matah khas Bali, sambal bajak khas Surabaya Jawa Timur, dan masih banyak sambal-sambal lainnya.

Rasa pedas dan segarnya sambal selalu saja menambah selera makan. Apalagi jika ditemani lalapan timun, kol, kacang panjang, lenca dan daun-daun hijau lainnya. Nasi sepiring kadang sampai terasa tidak cukup. Tentu ini akan menjadi tantangan berat bagi Teman Hijab yang sedang menjalankan program diet.

Begitu pentingnya kehadiran sambal setiap makan, sampai-sampai ada slogan dari para ‘pecandu’ sambal yang mengatakan, “Tidak ada sambal tak makan.” Ini tentu menunjukkan betapa sambal telah menjadi candu halal bagi sebagian besar masyarakat Indonesia.

Namun dibalik semua itu, ternyata mengkonsumsi sambal memiliki khasiat dan manfaat bagi kesehatan tubuh loh. Apakah Teman Hijab sudah menyadarinya? Berikut kami paparkan beberapa manfaat bumbu dan rempah-rempah dibalik racikan sambal.

  1. Menambah Selera Makan.

Tidak disangkal lagi perpaduan rasa sambal yang segar, pedas, asem, asin, manis menciptakan rasa baru yang begitu menggugah selera. Ini tentu sangat bermanfaat bagi mereka yang sedang lemes atau sakit agar dapat membangkitkan selera makan bagi mereka yang sedang terganggu.

Lagi pula menambah sambal pada makanan ternyata tidak meningkatkan kadar kalori dalam setiap asupan makanan. Kira-kira setiap satu sendok sambal hanya berkisar 6 kalori. Jadi tidak perlu takut untuk menambahkan sambal dalam menu diet Teman Hijab.

  • Caberawit mengandung capsaicin yang terbukti mampu melawan kanker, mencegah infeksi sinus, meredakan nyeri, meningkatkan imunitas, mengurangi resiko penyakit jantung, serta membakar lemak.
  • Tomat yang terkandung dalam sambal kaya akan vitamin dan mineral yang berfunsi mengatasi peradangan, mencegah kerusakan kulit, menjaga kesehatan mata, mengatasi penggumpalan darah, mengatasi bisul, mengatasi jerawat, mengatasi gangguan pencernaan dan mengatasi penyakit jantung.
  • Bawang merah mengandung vitamin dan nutri yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan jantung, mencegah kanker, menurunkan kadar gula darah, meningkatkan imunitas, menjaga kesehatan pencernaan, menguatkan tulang dan meningkatkan kesehatan otak.
  • Bawang putih bukan hanya sebatas penambah citarasa, tapi ia memiliki segudang manfaat seperti meringankan sakit gigi, mencegah kanker paru, menurunkan resiko kanker, mengatur gula darah, mengurangi resiko penyakit kardiovaskular, mencegah flu, menurunkan tekanan darah, mempertahankan stamina dan lain sebagainya.

Nah jadi enggak masalah ya kalo teman hijab hobi makan sambal tapi ingat jangan kebanyakan ya .. selamat beraktifitas

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close