Health

Manfaat Sinar Ultraviolet

Dalam suatu hal terkadang teman hijab meremehkan sumber alami yang selama ini sangat bermanfaat namun tidak teman hijab perdulikan dikarenakan pada saat itu teman hijab belum membutuhkan. Banyak sumber alami yang berada dekat teman hijab yang bisa memberikan manfaat kesehatan untuk tubuh kita baik itu dalam bentuk tumbuhan atau buah-buahan.

Allah sangat lah baik terhadap Hamba Nya, begitu banyak sumber alami yang disediakakn oleh Allah di alam ini yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Dalam artikel ini tim inspirasi akan coba membahas salah satu sumber alami yang setiap hari kita jumpai dan juga ternyata Indonesia termasuk negara yang sangat kaya akan sumber alami ini. Apakah itu? Sumber alami itu bernama sinar matahari.

Sebagai warga negara Indonesia, teman hijab termasuk yang sangat beruntung karena Allah anugerahkan kepada Indonesia berada dalam garis khatulistiwa sehingga Indonesia termasuk ke dalam kategori negara tropis dan tentunya sangat kaya dengan sinar matahari. Ini merupakan kenikmatan yang harus teman hijab syukuri terlebih dalam kondisi penyebaran wabah virus corona yang sedang terjadi di seluruh belahan dunia saat ini. Pada saat ini tim medis, dokter maupun pakar kesehatan sangat menganjurkan agar teman hijab untuk banyak berjemur ataupun mandi sinar matahari. Karena sangat banyak sekali manfaat yang akan teman hijab dapatkan dan juga menjadi salah satu langkah yang kita lakukan untuk menangkal virus corona ini. Berikut 6 manfaat sinar matahari bagi tubuh kita, semoga bermanfaat

1.Vitamin D
Sinar matahari merangsang tubuh untuk menghasilkan vitamin D. Sinar matahari yang mengenai wajah, leher, lengan dan kaki selama 10-15 menit bisa menghasilkan vitamin D yang dibutuhkan tubuh. Vitamin ini meningkatkan penyerapan kalsium di usus dan transfer kalsium di membran sel yang berguna untuk kekuatan tulang.

2. Serotonin
Sinar matahari bisa merangsang produksi serotonin (neurotransmitter di otak yang mengatur suasana hati). Semakin tinggi serotonin yang dihasilkan maka suasana hatia kan lebih positif.

3. Melawan depresi
Sinar matahari melawan dan mengurangi depresi karena melepaskan endorfin yang berfungsi sebagai anti depresi alami dan sangat bermanfaat untuk kasus depresi musiman (seasonal affective disorder/SAD).

4. Meningkatkan sirkulasi darah
Sinar matahari meningkatkan sirkulasi darah dengan cara melebarkan pembuluh darah di kulit, sehingga membawa lebih banyak nutrisi dan oksigen ke sel-sel. Hal ini juga membuat jantung sehat dengan menurunkan denyut nadi dan mengurangi tekanan darah.


5. Bermanfaat untuk kulit
Kondisi kulit kronis seperti jerawat, eksim dan psoriasis mengalami perbaikan serta menurunkan manifestasi dari stretch mark, bekas luka serta gangguan kulit lainnya.

6. Mengurangi risiko kanker
Sintesis vitamin D dirangsang oleh sinar matahari sehingga secara signifikan membantu mengurangi risiko berbagai bentuk kanker seperti prostat, usus besar, payudara dan ovarium. Tapi ingat agar tidak berlebihan, karena justru bisa menyababkan kanker kulit. 

 

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close