Health

Inspirasi Kesehatan Merawat Gigi Sensitif Yang Tepat

Teman Hijab sering merasa ngilu setelah makan atau minum-minuman dingin? Bisa jadi Teman hijab memiliki gigi sensitif. 

Agar kondisinya tak semakin parah, mulai sekarang gunakan pasta gigi yang sesuai. Tak perlu bingung, ini cara mudah memilih produk pasta gigi yang tepat untuk si pemilik gigi sensitif.

Ada dua penyebab utama dentin terbuka, pertama yaitu resesi atau penurunan gusi yang terjadi karena adanya penyakit  gusi dan cara menyikat gigi yang salah ditambah dengan sikat gigi yang tidak tepat. Yang kedua adalah terkikisnya lapisan email karena erosi akibat konsumsi makanan minuman asam.

Jika terjadi resesi gusi dan erosi email akibat hal-hal diatas, otomatis dentin akan terbuka. Dentin merupakan bagian gigi yang berongga dan terhubung ke saraf-saraf gigi. Rangsangan yang datang akibat terbukanya dentin inilah yang membuat gigi menjadi lebih sensitif. Jangan samakan perawatan gigi yang sensitif dan yang tidak terutama dalam memilih pasta gigi. Usahakan untuk memilih pasta gigi khusus gigi sensitif. Sebelum membelinya, pastikan produk yang Anda beli mengandung tiga bahan utama berikut yaitu:

1. Potassium citrate

Potassium citrate (kalium sitrat) merupakan salah satu bahan penting yang perlu ada dalam pasta gigi untuk gigi sensitif. Ditemui dalam acara yang dipersembahkan oleh Pepsodent ini, drg. Mirah menyatakan bahwa Potassium Citrate mampu meredakan ngilu dalam waktu 30 detik saja. Ion kalium ini bertindak dengan memblokir sinaps diantara sel-sel saraf sehingga mengurangi rangsangan saraf dan nyeri di area tersebut. 

Disebutkan dalam Journal of Clinical Periodontology bahwa kalium sitrat, cetylpyridinium chloride, dan sodium fluoride mampu meredakan hipersensitivitas akibat dentin, plak dan radang gusi.

Baca juga: Inspirasi Kesehatan Manfaat Permen Karet Bebas Gula Bagi Kesehatan Gigi Dan Mulut

2. Hydroxyapatite

Hydroxyapatite merupakan zat yang juga perlu ada dalam pasta gigi untuk gigi sensitif. Ini karena Hydroxyapatite merupakan komponen utama dalam tulang dan gigi yang sehat.

Komponen yang satu ini membantu proses remineralisasi email gigi. Artinya, zat ini mampu mengembalikan mineral gigi yang terlepas atau rusak akibat erosi asam yang menjadi penyebab utama gigi sensitif. Dengan mengembalikan mineral pada email, gigi Teman Hijab akan kembali terlindungi sepenuhnya.

3. Zinc citrate

Dengan pemakaian yang rutin dan terus menerus, zinc citrate terbukti mampu meredakan penyakit gusi seperti gingivitis atau radang gusi yang gejalanya berupa gusi berdarah. Untuk itu, pastikan bahwa pasta gigi yang Teman Hijab beli juga mengandung zinc citrate.

Untuk memastikan ketiga bahan ini ada dalam produk yang Teman Hijab pilih, bacalah label kemasan sebelum membelinya ya Teman Hijab dan jangan lupa untuk rajin periksa ke dokter gigi kesayangan Teman Hijab.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close