Beauty

Pagi ini, Yuk Coba Hilangkan Ketombe Yang Membandel.

Teman hijab, Ketombe merupakan salah satu masalah kulit rambut yang membuat kita merasa tidak nyaman. Apalagi, jika ketombe yang ada telah parah dan sering kali membuat kulit kepala terasa sangat gatal. Tak hanya membuat kita merasa tidak nyaman, ketombe juga sering kali membuat kita merasa tidak percaya diri.

Mengatasi masalah ketombe bisa dilakukan dengan berbagai cara. Baik cara alami atau dengan melakukan perawatan di klinik kecantikan. Tapi, sebelum memutuskan untuk melakukan perawatan di klinik kecantikan, ketombe bisa diatasi dengan cara alami yakni dengan memanfaatkan bahan alami.

  1. Tomat

Nutrisi dan vitamin yang terkandung di dalam buah tomat dipercaya bisa membunuh bakteri serta kuman penyebab ketombe dengan baik. Buah tomat juga dipercaya sebagai buah yang ampuh melembabkan kulit kepala. Berikut bahan yang perlu disiapkan dan aplikasi mengatasi ketombe memakai buah tomat.

Bahan

2 buah tomat (haluskan)

1 sdm minyak kelapa

Cara Membuat dan Aplikasi

Campur tomat yang sudah dihaluskan dengan minyak kelapa. Jika keduanya sudah tercampur rata, oleskan secara merata ke kulit kepala yang berketombe. Pijat-pijat lembut agar nutrisi pada kedua bahan alami meresap baik ke kulit kepala. Diamkan kira-kira selama 20 menit lalu bilas rambut dengan air bersih seperti biasa. Agar rambut semakin bersih, keramas menggunakan sampo.

2.              Lidah Buaya

Cara menghilangkan ketombe secara alami yang pertama adalah dengan lidah buaya. Selain khasiatnya untuk memutihkan wajah dan menghilangkan jerawat, lidah buaya juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan ketombe secara alami loh.
Ini karena kandungan yang ada di dalam lidah buaya yaitu seperti protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, vitamin B1 dan C.

Caranya menghilangkan ketombe dengan lidah buaya adalah sebagai berikut:

  1. Kupas terlebih dahulu kulit lidah buaya
  2. Setelah hanya sisa dagingnya saja tumbuk atau blender sampai halus
  3. Aplikasikan ke kulit kepala dengan merata sambil pijat secara perlahan. Hal ini supaya lidah buaya dapat meresap menyeluruh ke kulit kepala
  4. Lakukan selama kurang lebih 30 menit
  5. Terakhir, bilas sampai bersih

3. Lemon

Selain dapat menghilangkan ketombe, lemon juga dapat menutrisi rambut dan kulit kepala karena mengandung Vitamin C, B1, B2, B3, dan B5. Cara mengolah lemon untuk menghilangkan ketombe cukup mudah.

Peras satu sampai dua buah (tergantung kebutuhan) dan campurkan dengan air hangat. Balurkan pada kulit kepala, dan rambut dari akar sampai ujung. Tunggu 3 sampai 5 menit dan bilas menggunakan air dingin sampai bersih.

Cara kerjanya sama, yaitu dengan membunuh kuman dan bakteri jahat penyebab tumbuhnya jamur pada kulit kepala, yang nantinya akan berubah menjadi ketombe.

Potong lemon menjadi dua dan gosokkan pada kulit kepala sampai terasa meresap. Diamkan beberapa saat, lalu bilas sampai bersih.

Semoga informasi ini bermanfaat dan semoga terbebas dari masalah ketombe. Pastikan untuk selalu menjaga kebersihan rambut serta kulit kepala. Gimana, tertarik melakukan perawatan ini untuk mengusir masalah ketombe?

diolah dari kapanlagi.com

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close