Health

Plus Minus Jika Muslimah Membeli Produk Share In Jar

Mengenal manfaat share in jar produk – Media sosial dan belanja online kini menjadi surga para pecinta kosmetik dan produk kecantikan. Untuk membeli kosmetik di luar negeri pun kini semakin dimudahkan dengan adanya aplikasi e-commerce. Bahkan ada tren jual beli produk kecantikan dengan cara berbagi atau yang lebih dikenal dengan share in jar. Nah, sebelum Teman Hijab mencoba membeli share in jar, simak dulu plus minusnya berikut ini.

Share in jar adalah istilah yang dipakai untuk produk kosmetik dan skin care yang dijual setelah dikemas ulang dalam kemasan baru yang ukurannya lebih kecil. Misalnya saja, serum yang kemasan aslinya berukuran 50 ml dibagi menjadi 5 bagian dan dijual ulang dalam kemasan baru berukuran 10 ml. Istilahnya Teman Hijab membeli sebuah produk dengan cara patungan atau berbagi produk dengan 4 orang lainnya.

Baca juga: Selain Rendang 4 Kuliner Jawa Ini Juga Diminati Oleh Para Bule

Keuntungan membeli produk share in jar

Jika Teman Hijab ingin mencoba produk share in jar, berikut keuntungan yang bisa didapatkan yang dilansir dari laman Womentalk.com :

  • Bisa mencoba sebelum membeli

Skin care umumnya berharga cukup mahal dan ada kemungkinan kulit Teman Hijab tidak cocok dengan produk tersebut. Bila tidak ada sample atau trial kit yang bisa dicoba, share in jar bisa jadi opsi untuk mencobanya sebelum membeli ukuran aslinya.

  • Harga lebih murah

Misalnya saja ada pelembap ukuran 100 ml berharga Rp 300 ribu yang Teman Hijab inginkan, tetapi masih ragu. Saat membeli produk ukuran 20 ml seharga Rp75 ribu, rasanya mungkin lebih hemat. Bila produk yang dibeli tidak cocok pun, kerugiannya lebih kecil daripada membeli harga normal.

  • Bisa dibawa traveling

Ukurannya yang mini memudahkan produk-produk share in jar untuk dibawa bepergian.

  • Cocok untuk Teman Hijab yang mudah bosan

Bila Teman Hijab tipe yang hobi mencoba semua produk skin care dan kosmetik luar negeri, share in jar ini cocok untuk dicoba. Jadi Teman Hijab tidak akan mubadzir karena ukurannya kecil dan mudah dihabiskan.

Kerugian/bahaya membeli produk share in jar

Sedangkan ada beberapa kerugian atau bahaya membeli produk share in jar, antara lain :

  • Tingkat kebersihan yang tidak terjamin

Di pabrik aslinya, proses produksi dan pengemasan produk-produk kosmetik telah mengikuti standar tertentu yang terjamin kualitas dan kebersihannya. Sementara untuk skala yang lebih kecil seperti para penjual produk reseller share in jar, kita tak pernah tahu tingkat kebersihan saat pengemasan ulangnya. Mulai dari kebersihan alat-alat yang digunakan, kondisi ruangan, tangan pengemas, kemasan baru yang dipakai, hingga proses penyimpanannya.

  • Produk terpapar udara

Beberapa produk skin care akan bereaksi, bahkan mudah rusak saat terpapar udara. Kandungan Vitamin C misalnya, dikenal tidak stabil dan mudah berubah saat terkena udara.

Saat dilakukan pemindahan dan pengemasan ulang, produk pun akan terpapar udara, mungkin juga dapat terkontaminasi. Bahkan bisa jadi mengalami reaksi atau perubahan senyawa. Maka, bukan tidak mungkin khasiatnya ikut berubah saat diaplikasikan.

  • Risiko produk palsu atau dimodifikasi

Karena Teman Hijab tidak melihat langsung proses pengemasan ulang, selalu ada risiko produk yang dibeli tersebut bukanlah produk orisinal. Bahkan produsen pun tidak menyarankan menerima produk saat segelnya rusak. Apalagi saat Teman Hijab membeli produk yang sudah tidak di dalam kemasan aslinya. Bila tidak yakin dengan reputasi penjual, selalu ada risiko produk yang dibeli merupakan produk kosmetik palsu atau produk asli yang telah dicampur produk lain alias dimodifikasi.

  • Masa kedaluwarsa yang tidak diketahui

Saat membeli produk asli, Teman Hijab bisa melihat tanggal produksi atau tanggal kedaluwarsa dan saran masa pakai produk setelah dibuka. Berbeda dengan share in jar, di mana bukan kita sendiri yang membeli, membuka, dan menyimpan produk tersebut.

Memang produk share in jar telah membantu banyak orang. Namun, sebagai pembeli, Teman Hijab juga harus bijak dan cerdas dalam mempertimbangkan plus minusnya sebelum membeli. Jangan lupa pastikan reputasi dan baca review pembeli lain di laman penjual.

Sumber: https://womantalk.com/beauty/articles/plus-minus-membeli-produk-kosmetik-share-in-jar-AMJB1

Tags
Show More

Related Articles

4 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close