Travel

Selain Rendang 4 Kuliner Jawa Ini Juga Diminati Oleh Para Bule

4 Kuliner Jawa Ini yang Banyak Diminati Wisatawan – Rendang sudah sangat mendunia. Makanan khas Sumatera Barat itu bahkan dicap sebagai makanan paling enak di dunia. Tapi, tahukah Anda kalau makanan khas Jawa juga ada yang mendunia. Ya, selain rendang, ada makanan khas Jawa yang ternyata banyak diincar bule ketika datang ke Indonesia. Apa saja makanan khas Jawa tersebut dan kenapa turis asing menyukainya?

1. Gado-Gado

Makanan yang berisi sayur-sayuran dan bumbu kacang ini ternyata banyak diincar bule. Bule-bule yang dimaksud ini antara lain berasal dari Norwegia, Finlandia, Denmark, Iceland, dan Swedia. Selain gado-gado, makanan berbumbu kacang lain yang disukai para turis mancanegara ini adalah karedok dan pecel. Ya, intinya makanan yang memang bisa diberikan bumbu kacang.

Baca juga: Inspirasi Resep Getuk Singkong Cita Rasa Tradisional

2. Satai

Makanan khas Madura ini pun ternyata menjadi menu yang banyak dipilih turis asing. Mungkin, salah satunya karena adanya bumbu kacang di panganan ini. Selain karena itu, satai juga memiliki banyak varian daging, mulai dari ayam, sapi, hingga kambing. Bahkan, di beberapa wilayah di Jawa ada juga varian satai kelinci atau bahkan keong. Rasa yang manis juga sepertinya menjadi alasan kenapa bule suka makan satai. 

3. Gudeg

kuliner jawa
Sources Picture: Indonesia.go.id

Makanan khas Yogyakarta ini ternyata juga banyak dicari bule saat berlibur ke Indonesia. Gudeg merupakan olahan makanan yang terbuat dari buah nangka yang dimasak bersama gula palem dan santan. Ini juga yang akhirnya membuat gudeg bercita rasa manis dan gurih. Banyak warga bule Eropa dan Australia yang menyukai makanan satu ini. Karena banyak bule yang suka, makanya kini muncul gudeg kalengan yang dapat dikirimkan ke luar negeri untuk memenuhi permintaan pasar.


4. Tempe

Makanan yang satu ini sudah ada sejak zaman dulu. Makanan yang terbuat dari kacang kedelai ini ternyata tak kalah populer dibandingkan tiga makanan sebelumnya. Tempe cukup populer di kalangan masyarakat asing seperti di Jepang, Korea, dan China. Mereka menyukai rasa tempe yang khas dan makanan ini bisa dioleh menjadi aneka menu masakan yang enak-enak.

So, itu dia makanan khas Jawa yang mendunia. Tentu sebagai orang Indonesia khususnya suku Jawa, empat makanan ini pernah Teman Hijab makan.

Tags
Show More

4 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close