Inspiratif

Sudahkah Kamu Cari Pintu Surgamu?

Apakah teman hijab selama ini sudah mencari pintu untuk menuju surga? Jika sudah, maka seberapa jauh langkah teman hijab dalam mencari pintu surga? Tahukah teman hijab ternyata pintu surga itu sangat dekat dan juga sangat mudah menggapai nya. Jika teman hijab dapat menggapai pintu surga tersebut maka teman hijab in shaa Allah akan mudah membuka pintu surga tersebut sebagai jalan masuk teman hijab menuju surga.

Dari Abu Darda Radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

الْوَالِدُ أَوْسَطُ أَبْوَابِ الْجَنَّةِ فَإِنْ شِئْتَ فَأَضِعْ ذَلِكَ الْبَابَ أَوِ احْفَظْهُ

Orang tua adalah pintu surga paling tengah. Kalian bisa sia-siakan pintu itu, atau kalian bisa menjaganya. (HR. Ahmad 28276, Turmudzi 2022, Ibn Majah 3794, dan dihasankan Syuaib al-Arnauth).

Keterangan Hadis

Dalam Tuhfatul Ahwadzi, Syarh Sunan Turmudzi disebutkan keterangan al-Baidhawi,

وقال القاضي البيضاوي؛ والمعنى أن أحسن ما يتوسل به إلى دخول الجنة ويتوسل به إلى وصول درجتها العالية مطاوعة الوالد ومراعاة جانبه , وقال غيره : إن للجنة أبوابا وأحسنها دخولا أوسطها , وإن سبب دخول ذلك الباب الأوسط هو محافظة حقوق الوالد

Al-Qadhi Baidhawi mengatakan, “Makna hadis, bahwa cara terbaik untuk masuk surga, dan sarana untuk mendapatkan derajat yang tinggi di surga adalah mentaati orang tua dan berusaha mendampinginya. Ada juga ulama yang mengatakan, ‘Di surga ada banyak pintu. Yang paling nnyaman dimasuki adalah yang paling tengah. Dan sebab untuk bisa masuk surga melalui pintu itu adalah menjaga hak orang tua.’ (Tuhfatul Ahwadzi, 6/21).

Dari hadist di atas maka jelas lah sudah bahwa pintu surga teman hijab ternyata berada tidak jauh dari teman hijab. Bahkan pintu surga tersebut selalu menemani, mendidik dan juga merawat teman hijab sejak lahir sampai saat ini. Tentunya jasa orang tua kita tidak akan pernah bisa dibalas dengan apapun juga apalagi dibalas dengan materi yang kita berikan.

Oleh karena itu, bagi teman hijab yang masih memiliki orang tua segera langsung berbakti kepada orang tua. Senangkan beliau, bahagiakan beliau, rawat beliau dan ta’ati beliau dalam hal apapun selama tidak berbuat sesuatu yang dilarang oleh Allah. Dan bagi teman hijab yang sudah tidak memiliki orang tua agar jangan pernah lupa untuk selalu mendoakan orang tua teman hijab karena doa anak yang soleh tidak ditolak oleh Allah dan tentunya akan bermanfaat bagi orang tua guna bekal di yaumul akhir kelak.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close