Health

Teman Hijab Boleh di Coba, ini 4 Menu Terbaik untuk Anak

Pasti teman hijab paham bahwa Menu makanan bergizi adalah hal penting bagi tumbuh kembang anak. Kebutuhan anak-anak akan energi dan nutrisi adalah sangat besar dan hal ini berbeda dengan kebutuhan orang dewasa. Karena selama masa pertumbuhan , anak-anak butuh asupan vitamin dan mineral agar bisa tumbuh dengan baik.

Namun sangat disayangkan, dalam era yang serba digital ini banyak orang tua yang tidak sempat memperhatikan kebutuhan asupan gizi pada anak. Orang tua saat ini lebih memperhatikan kesukaan anak ataupun hal-hal yang praktis dibandingkan dengan kebutuhan gizi untuk anak. Contohnya orang tua akan lebih senang memberikan anak junk food dikarenakan junk food merupakan makanan cepat saji sehingga dapat menghemat waktu dibandingkan dengan mengolah makanan di rumah.

Jika teman hijab tidak memiliki banyak waktu, setidaknya teman hijab perlu memperhatikan asupan makanan yang bergizi untuk anak agar tumbuh kembang anak tetap terjaga.

Makanan dari sumber alami lah yang dilengkapi banyak manfaat kesehatan, termasuk nutrisi dan antioksidan. Selain itu, makanan harus mudah dicerna serta membantu menjaga tubuh dan pikiran anak tetap sehat.

Berikut 4 jenis makanan terbaik untuk tumbuh kembang anak yang dapat teman hijab siapkan dan mudah dicari bagi sang buah hati.

Susu

Susu mengandung kalsium dan fosfor, dua mineral penting dalam susu sangat diperlukan untuk tulang, gigi dan kuku. Selain itu susu dilengkapi Vitamin D yang mana itu adalah nutrisi penting bagi tulang.

Selain kandungan di atas , susu juga mengandung berbagai macam nutrisi seperti protein, zink dan vitamin A, B2 (riboflavin) dan B12, masih ditambah juga dengan yodium, niasin serta vitamin B6. Dengan kandungan dan manfaat yang begitu banyak maka susu sangat bagus dikonsumsi untuk anak.

Telur

Telur kaya akan kandungan vitamin B yang berperan untuk perkembangan serta fungi otak anak. Selain vitamin B , telur memiliki asam lemak omega-3, Vitamin D, folat, zink, zat besi dan selenium.

Telur sendiri merupakan bahan makanan yang mudah diolah dengan berbagai cara , contoh nya telur dapat digoreng, direbus , dijadikan omlete, dll. Berikanlah 1-2 butir telur untuk sarapan sehingga hal ini akan memberikan energi kepada anak dan anak dapat semangat sepanjang hari.

Brokoli

Brokoli salah satu sayuran terbaik untuk sumber kalsium, nutrisi yang sangat dibutuhkan bagi tumbuh kembang anak untuk penglihatan serta mencegah kerusakan sel-sel tubuh

Brokoli juga dipenuhi dengan serat, yang sangat berperan untuk pertumbuhan anak. Nutrisi kunci lain dalam brokoli adalah zat besi, magnesium, fosfor, kalium, zink, dan asam folat. Juga sumber yang baik untuk vitamin B, yang mendukung pencernaan serta meningkatkan fungsi sistem saraf.

Teman hijab dapat memberikan brokoli setiap hari. Mengkonsumsi dengan dimakan mentah-mentah adalah cara yang terbaik namun selain itu brokoli juga dapat dibuat jus, dikukus sebentar agar kandungan nutrisi nya bisa tetap terjaga. Dan brokoli juga dapat dicampurkan ke dalam sup

Ikan

Ikan memiliki asam lemak omega-3 yang meningkatkan perkembangan otak, meningkatkan kesehatan penglihatan, mencegah depresi, serta menjaga kesehatan jantung.

Ikan dapat masukan ke dalam menu tumbuh kembang anak, setidak nya 2 porsi ikan dalam setiap pekan. Ikan sangat mudah dicerna oleh anak-anak serta terkandung banyak manfaat seperti protein , rendah lemak dan vitamin B serta mineral penting

Salmon adalah pilihan terbaik untuk anak. Teman hijab wajib menghindari ikan laut yang mengandung merkuri karena akan berdampak buruk bagi imun anak. Teman hijab bisa membuat sandwich ikan atau sup ikan.

Demikian beberapa menu yang bermanfaat bagi tumbuh kembang anak, semoga bermanfaat!

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close